Friday 10 July 2015

JANGAN BERLEBIHAN DALAM MENCINTAI DAN MEMBENCI

   
www.pinterest.com
  Cinta adalah anugrah yang diberikan Allah swt. kepada seluruh umat manusia. Dengan rasa cinta inilah, umat manusia bisa saling mencintai, mengasihi, dan saling menyayangi. Kalau rasa cinta ini dikesampingkan oleh umat manusia, maka yang ada hanyalah permusuhan, peperangan, dan pertentangan. Tapi walaupun dikasihi, ya sewajarnya saja karena kemungkinan besar di suatu hari nanti, orang yang dicintai itu akan menjadi musuh kita. Demikian pula sebaliknya, jangan berlebihan membenci orang yang tidak disukai, biasa-biasa saja. Karena kemungkinan, iya kelak menjadi kekasihmu. Segala sesuatunya sudah ditentukan oleh Allah swt., serahkanlah segala sesuatunya kepadaNya. Hal ini juga dicantumkan dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi yang berbunyi:

Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
“Cintailah orang yang kamu cintai sekadarnya. Bisa jadi orang yang sekarang kamu cintai suatu hari nanti harus kamu benci. Dan bencilah orang yang kamu benci sekadarnya, bisa jadi di satu hari nanti dia menjadi orang yang harus kamu cintai.”
[HR. At-Tirmidzi no.1997 dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani
dalam Shahih Al-Jami’ no. 178]


   Mungkin postingan yang satu ini bisa menjadi tips untuk orang yang sedang diberikan karunia Allah, yaitu rasa cinta kepada seseorang untuk tidak mencintainya secara berlebihan dan untuk orang yang sedang membenci seseorang untuk tidak membencinya secara berlebihan pula.

   Kita tidak akan pernah tau bagaimana berjalannya masa depan untuk kita; apakah orang yang kita cintai akan tetap menjadi orang yang kita cintai atau justru menjadi orang yang kita benci. Begitupun, kita tidak akan tahu orang yang kita benci nantinya akan menjadi orang yang sangat kita cintai. Wallahu a’lam. Hanya Allah lah yang mengetahui segala segala rahasia.

sumber : Buku indeks Hadist dan Syarah Edisi Pertama yang ditulis oleh Buya H. Muhammad Alfis Chaniago


Share:

7 comments:

  1. Makasih nasehatnya, jadi intropeksi diri neh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Iya, samasama mba. Hehe
      Makasih banyak udh singgah ya mba :)

      Delete
    2. Halooo, Kak! Mau ikut jelajah Kalimantan GRATIS & dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. Bener banget, kalo mencintai berlebihan malah bahaya. Bisa-bisa kalo jatuh, malah bunuh diri kan gawat. Yang penting selalu ingat pada yang diatas lagh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bro. kalo terbangnya terlalu tinggi, ntar jatuhnya juga sakit banget. haha

      Delete
  3. Udah di komen ya mbak , lain kali gak open promote thx :v

    ReplyDelete